Senin, 02 November 2015

Manfaat Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan tuntutan dunia pendidikan media pembelajaran merupakan hal yang wajib ditampilkan oleh guru. Berkurangnya minat Peserta didik dalam proses belajar mengajar juga merupakan masalah yang serius didunia pendidikan. Manfaat media pembelajaran tidak hanya berfungsi sebagai media penyampai materi, tetapi juga berfungsi sebagai penarik perhatian peserta didik agar sisiwa lebih tertarik dalam pembelajaran.


Menurut Sudjana dan Rivai (1992;2) mengemukakan ada beberapa manfaat media dalam proses belajar mengajar, yaitu:

  • Dengan adanya media pembelajaran, maka proses pembelajaran akan lebih menarik perhatian peserta didik, sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar bagi peserta didik. Motivasi yang tinggi pada peserta didik akan membuat peserta didik lebih semangat dalam belajar, sehingga diharapkan hasil belajar peserta didik juga akan meningkat. 
  • Bahan materi pembelajaran yang banayak dengan adanaya media pembelajaran maka akan lebih jelas maknanya, sehingga peserta didik dapat lebih dipahami dan menguasaan materi secara maksimal dengan demikian mencapaian tujuan pembelajaran lebih mudah. Materi pelajaran yang banyak dan sulit dijelaskan oleh guru akan membuat sisiwa tidak memahami materi, peran media pembelajaran misalnya video dalam materi pembelajaran akan membuat peserta didik lebih memahami materi. 
  • Metode mengajar akan lebih bervariasi dengan menggunakan model-model pembelajaran, mengajar tidak hanya dengan metode ceramah yaitu dengan komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru, dengan adanaya media pembelajaran akan membuat peserta didik tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga karena terus menerus menjelaskan, apalagi bila guru dalam sehari mengajar lebih dari lima jam pelajaran. Jadi dapat disimpulkan manfaat media pembelajaran sebagai alat bantu guru dalam menyampikan materi, dan sebagai variasi guru dalam menyampaikan materi. 
  • Manfaat berikutnya dengan adanya media pembelajaran peserta didik dapat lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan penjelasan guru secara konvensional, tetapi peserta didik juga dituntut untuk ada aktivitas lain seperti mengamati, mensimulasikan, memerankan, dan lain-lain. 


Menutur Encyclopedei of Educational Research dalam Hamalik (1994:15) merincikan beberapa manfaat media pembelajaran sebagai berikut:
  1. Meletakkan dasar-dasar yang konkret untuk berpikir, oleh karena itu mengurangi verbalisme. 
  2. Media akan Memperbesar perhatian dan minat peserta didik. 
  3. Media akan membuat proses belajar mengajar lebih hidup, karena terjadi interaksi antara guru dan peserta didik, peserta didik dengan peserta didik. 
  4. Media akan memberikan pengalaman nyata pada peserta didik sehingga manfaat media pembelajaran dapat menumbuhkan kemandirian pada peserta didik. 
  5. Dengan media pembelajaran, maka Menumbuhkan pemikiran peserta didik yang sistematis dan terus menerus, terutama apabila guru menampilkan video. 
  6. Membantu peserta didik untuk menumbuhkan kemampuan peserta didik untuk menyimpulkan pengertian sehingga dapat membantu peserta didik dalam mengembangkan kemampuan berbahasanya 
  7. Memberikan pengalaman kepada peserta didik yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain, dengan kata lain dengan media peserta didik dapat memperoleh pengalaman baru.

Manfaat Media Pembelajaran Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kursibundar

0 komentar:

Posting Komentar