Senin, 26 Oktober 2015

Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK)




Di saat sekarang pendidik maupun calon pendidik dituntut untuk dapat membuat penelitian tindakan kelas guna untuk persyaratan kelulusan kuliah atau untuk meningkatkan golongan, berikut ini adalah contoh susunan proposal penelitian beserta penjelasannya.







PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS

NAMA : .........................................

NIP/NIM : .........................................

MATA PELAJARAN : .........................................

SATUAN PENDIDIKAN : .........................................


A. JUDUL

Judul mencakup masalah yang ada dalam kelas dan cara mengatasinya, misalnya dalam kelas terdapat masalah rendahnya minat belajar, kemudian cara mengatasinya dengan pembelajaran menggunakan metode problem solving, maka judul yang sesuai contohnya “MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING PADA KELAS..........................PELAJARAN.................................DI MA/SMP..................................... “



B. LATAR BELAKANG

Latar belakang dalam penelitian tindakan kelas berisi hal-hal yang melatar belakangi mengapa perlu dilakukan penelitian terhadap materi tersebut, biasanya di cantumkan juga data-data yang dapat menguatkan latar belakang misalnya nilai siswa.


C. RUMUSAN MASALAH

Rumusan masalah berisi peertanyaan misalnya, Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah penerapan metode pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) lebih efektif dari pada metode konvensional pada mata pelajaran .................... pada siswa kelas ........... SMA ..........................


D. TUJUAN PENELITIAN

Tujuan penelitian tindakan kelas berisi apa sasaran yang ingin dicapai pada penelitian tersebut misalnya,

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran problem solving lebih efektif daripada metode konvensional pada mata pelajaran.............................. pada siswa kelas ............... SMA .......................... tahun ajaran 2015/2016.


E. MANFAAT PENELITIAN

Manfaat pebelitian berisi apa yang nantinya diharapkan setelah penelitian ini dilakukan , manfaat ada dua yaitu manfaat teoritis dan manfaat praktis.

1. Manfaat teoritis

Dapat memberikan pengetahuan bagi penulis dan pembaca bahwa metode pembelajaran problem solving dapat mempermudah dalam mempelajari materi ....................... pada khususnya dan pelajaran.................. pada umumnya

2. Manfaat praktis

Sebagai salah satu alternatif metode yang dapat digunakan guru dalam mempelajari materi .................. pada khususnya dan pelajaran ................. pada umumnya.


G. LANDASAN TEORI

Landasan teori berisi semua komponen yang perlu dijabarkan dalam proses penelitian tindakan kelas
Bedasarkan judul diatas, misalnya

1. Pembelajaran sebagai suatu sistem

2. Komponen – Komponen dalam Pembelajaran

3. Jenis-jenis tujuan pembelajaran

4. Metode Mengajar

5. Tinjauan Mata Pelajaran ..............................

6. Karakteristik metode pemecahan masalah (problem solving)

7. Implementasi metode problem solving pada materi ......................

8. Kerangka Berfikir



H. HIPOTESIS TINDAKAN

Berisi harapan yang ingin dicapai oleh peneliti


I. METODE PENELITIAN

Dalam metode penelitian peneliti menyampaiakan hal-hal yang terkait dengan

1. Lokasi dan Subyek Penelitian

2. Faktor yang diteliti

3. Prosedur penelitian

Prosedur penelitian berisi akan berlangsung berapa siklus penelitian akan dilakukan misalnya 2 atau 3 siklus. Selain itu adapun prosedur dalam penelitian ini dapat dijelaskan beberapa tahap sebagai berikut :

1. Persiapan

2. Langkah-langkah penelitian

3. Refleksi

4. Metode pengumpulan data

Dalam mengumpulkan data biasanya peneliti menyesuaikan dengan komponen yang di teliti, misalnya dengan angket, wawancara, atau tes


5. Metode Analisis Data
Setelah data terkumpul, bagaimana peneliti akan mengolah data agar menjadi data yang dapat menyimpulkan apakah penelitian berhasil atau perlu di lanjutkan pada siklus berikutnya dengan cara menganalisis data, pada tahap ini peneliti peneliti menyampaikan dengancara apa data akan di analisis.

6. Indikator Keberhasilan
Penelitian tindakan kelas dikatakan berhasil apabila tercapai hasil yang ditentukan, pada tahap ini peneliti menjabarkan kapan penelitian dikatakan berhasil dan kapan penelitian dikatakan belum berhasil.


J. DAFTAR PUSTAKA

Berisi semua daftar buku/pustaka yang menjadi referensi dalam penulisan proposal penelitian tindakan kelas

Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kursibundar

0 komentar:

Posting Komentar