Sabtu, 24 Oktober 2015

Pendidik Harus Tahu Ini, Jenis Jenis Media Pembelajaran

Jenis-jenis media pembelajran, untuk menunjang kegiatan belajar mengajar guru perlu menyiapkan media pembelajaran dalam membuat media pembelajaran tergantung kreatifitas guru, semakain kreatif guru makan media yang di buat juga akan lebih menarik. Media pembelajaran bermanfaat untuk menarik perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran, agar peserta didik lebih memperhatikan materi yang disampaikan guru. jenis jenis media pembelajaran ada beberapa macam. Menurut Rudy Brets, ada 7 (tujuh) klasifikasi media, yaitu :
Media audio visual gerak

Audio adalah suara, visual bergerak adalah hal yang bisa dilihat yang bergerak jadi media ini bisa berupa video atau film.


1. Media audio visual diam

Media yang dapat dilihat dan memiliki suaranamun tidak bergerak, misalnya power point, dalam media ini guru cukup memberikan poin-poin yang akan disampiakn melalui tayangan di power point.


2. Audio semi gerak, seperti

Media yang bisa digunakan guru untuk jenis-jenis media pembelajaran ini adalah dengan tulisan bergerak bersuara. Misalnya selain ada tulisan yang bergerak tetapi juga ada suara yang keluar dari media tersebut.


3. Media visual bergerak

Visual adalah media yang dapat dilihat, sehingga media visual bergerak yaitu media yang dapat dilihat dan memiliki gerakan contohnya adalah Film bisu media visual bergerak, atau juga bisa berupa gambar bergerak.


4. Media visual diam

Selain media Visual bergerak, jenis-jenis media pembelajaran juga ada yang berupa visual diam, media visual diam yaitu media yang dapat dilihat tetapi tidak bergerak contohnya slide bisu dalam power point, halaman cetak, dan foto atau gambar yang terkait.

5. Media audio

Media audio adalah media yang hanya bisa didengarkan, seperti : radio, pita audio, telephon, atau bisa juga audio yang berformat mp3.


6. Media cetak

Jenis media pembelajaran yang terakhir adalah media cetak, media cetak merupakan media yang melalui proses pencetakan seperti : buku, modul. Penggunaan media cetak ini peserta didik harus lebih aktif dalam membaca dan mengambil informasi dari apa yang dibaca.



Dari jenis jenis media pebelajaran menurut Rudy Brets di atas, dapat dikelompokan menjadi beberapa jenis media yaitu : 

Media Visual: media visual merupakan media yang dapat dilihat dan di amati langsung oleh peserta didik, media visual bisa berupa gambar atau foto yang menggambarkan materi yang disampaikan. Dalam menampilkan media visual guru harus benar-benar memilih gambar yang tepat sesuai materi pelajaran, dan harus mampu menjelaskan maksud dari gambar tersebut, agar tidak terjadi miss understanding.

Media Audio: media ini merupakan media suara, sehingga siswa lebih difokuskan dalam penggunaan indra pendengaran, contoh dari media audia adalah radio, tape, atau media yang berformat mp3.

Media Audio Visual : media ini berupa paduan antara media visual dan media audio, jadi dengan media audio visual guru lebih mudah dalam menyampaikan materi, karena apa yang ditampilkan guru sudah memiliki suara sehingga gambar bisa lebih mudah dicerna oleh peserta didik.

Pendidik Harus Tahu Ini, Jenis Jenis Media Pembelajaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Kursibundar

0 komentar:

Posting Komentar